'Apple TV Produk Gagal'

California - Penjualan Apple TV ternyata tak semeriah produk Apple yang lainnya. Bahkan ada yang menyindir bahwa ini merupakan barang gagal dan tempat Apple membuang uang.

CEO Apple Tim Cook memang dikabarkan akan mengubah konsep dari Apple TV, dari sebelumnya hanya set-top box akan menjadi box untuk streaming layanan digital.


"Apple TV pada dasarnya adalah aksesoris untuk iPad. Mereka kehilangan uang di sana. Jika Anda kehilangan uang, mengapa Anda ingin menjual lebih banyak," ujar CEO Roku Anthony Wood, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (28/3/2014).


Roku sendiri merupakan penyedia set-top box yang juga memberikan layanan streaming video di dalamnya. Mirip dengan Netflix, namun layanan tersebut hanya beroreantasi pada sisi konten.


Roku merasa tak tersaingi dengan keinginan Apple TV bertransformasi. Apalagi juga sebelumnya, Google merilis Chromecast yang mempunyai kemampuan sejenis. Disusul Amazon yang dikabarkan mempunyai rencana serupa.


Cook sendiri mengaku dari total keuntungan yang didapakan oleh Apple, margin dari Apple TV tidak terlalu signifikan. Malahan, dari sisi penjualan konten yang lebih tinggi. Ini yang mendasari mengapa Apple TV perlu berubah dari sekedar set-top box.


(tyo/ash)