Nokia Android Akhirnya Tiba di Indonesia

Jakarta - Nokia akan mengawali babak baru di Indonesia dengan menghadirkan tiga smartphone jagoan terbarunya. Tak hanya berbasis Android, ponsel seri keluarga X ini juga sudah bisa BlackBerry Messenger (BBM).

Menurut jadwal, ponsel Nokia X, Nokia X+, serta Nokia XL ini akan diperkenalkan untuk kali pertama di hadapan publik siang ini di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (27/3/2014).


Dalam undangannya, Nokia tak mau mentah-mentah mengakui seri X ini sebagai pengusung sistem operasi Android. Hanya sebatas 'akses ke aplikasi Android' yang seakan ingin menunjukkan kemampuan Android yang dimilikinya tanpa mengecilkan jati diri Windows Phone Microsoft.


Namun hal tersebut dirasa wajar, karena tak seperti ponsel berbasis Android lainnya yang sepenuhnya mengimpelementasikan fitur-fitur Android, seri Nokia X justru sebaliknya, dimana Nokia hanya memanfaatkan pondasi Android.


Jadi jangan harap menemukan layanan Google di dalamnya, semisal GooglePlay, Gmail, ataupun Google Maps, karena nokia telah menggantikannya dengan layanan miliknya, semisal Nokia Store.


Dari sisi produk, Nokia X sebagai varian termurah dibanderol dengan harga 89 euro. Ponsel ini memiliki bentang layar 4 inch dengan resolusi 800x480 pixel. Sedangkan kameranya memiliki kemampuan 3 MP, menyusul penggunaan baterai berkekuatan 1500 mAh.


Untuk jeroannya, Nokia X mengandalkan prosesor dual core Snapdragon dengan kecepatan clock 1 GHz dan RAM sebesar 512 MB. Meskipun memori internal hanya 4 GB, namun pengguna dapat meningkatkanya lewat slot micro SD hingga kapasitas 32 GB. Next


(rou/rou)