Surface Mini Siap Tantang iPad Mini

Jakarta - Kabar mengenai kemungkinan Microsoft membuat Surface Mini sudah cukup lama beredar. Bersiap menantang iPad Mini, gadget ini kabarnya akan dirilis tak lama lagi.

Dilansir Win8China, Kamis (27/3/2014), Surface dengan ukuran lebih kecil ini disebut-sebut akan diperkenalkan pada konferensi developer BUILD 2014 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, pekan depan.


Dugaan ini berdasarkan kebiasaan Microsoft yang kerap memanfaatkan konferensi BUILD untuk mempresentasikan produk baru. Di ajang ini, Microsoft biasanya berupaya mencari masukan dari para developer.


Analis dari NPD dan IHS iSuppli memperkirakan, tablet Microsoft ini nantinya akan memiliki layar 7,5 inch. Ukuran ini berada di tengah-tengah antara Nexus 7 yang berukuran 7 inch dan iPad mini yang sedikit lebih besar yakni 7,9 inch.


Spekulasi lain menyebutkan, Surface Mini akan berbasis Windows 8.1. OS ini kabarnya punya nama kode Spring 2014 GDR. Seperti Surface versi besar, akan hadir juga versi Windows RT.


Dapur pacunya diperkirakan menggunakan chip ARM dan dibekali konektivitas 3G dan 4G yang tidak dimiliki Surface versi sekarang. Sumber lain menyebutkan, Microsoft bisa jadi memasarkan Surface mini sebagai tablet gaming dan dinamai XBox Surface.


(rns/rou)