Lensa Potrait untuk Foto Makro, Apa Bisa?

Jakarta - Saya mau bertanya, bisa tidak lensa portrait digunakan untuk foto makro atau sebaliknya bisa tidak lensa makro untuk foto portrait? Contohnya lensa Canon EF 85mm F/1.8 USM yang bagus untuk portrait, tapi apakah bagus untuk foto makro? (Gioabi Fashar)

Jawab:


Setiap lensa memiliki jarak fokus minimum termasuk lensa Canon EF 85mm f/1.8 USM. Jarak fokus minimum lensa ini adalah 85 cm, artinya kita tidak bisa terlalu dekat dengan subjek, akibatnya rasio perbesaran (magnification ratio) hanya 1:13x. Sebuah lensa makro yang baik memiliki magnification rasio 1:1.


Artinya dari perbesaran ini adalah ukuran objek foto sama dengan ukuran sensor kamera atau film. Kalau kita foto sebuah penggaris, 1 cm di penggaris akan sama dengan 1 cm yang ditangkap di sensor gambar kamera. Sedangkan perbesaran 1:13 berarti benda 1 cm akan terlihat 0.13 mm saja di sensor gambar.


Kebanyakan lensa makro yang bagus adalah lensa fix, tapi untuk lensa EF 85mm f/1.8, sayangnya bukan merupakan lensa yang baik untuk close-up/fotografi makro.


Mungkin bisa lebih bagus jika mengunakan bantuan aksesoris seperti close-up filter, atau extension tube sehingga bisa fokus dari jarak yang lebih dekat dan rasio perbesarannya menjadi lebih besar, atau jika memang sangat menggemari fotografi makro dan ingin hasil yang terbaik, saya rekomendasikan untuk mengunakan lensa khusus makro.

(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.