Makin Moncer, Huawei Bidik Revenue USD 70 Miliar

Shenzhen - Pamor produk Huawei yang kian moncer dan pertumbuhan sales revenue konsisten setiap tahun, membuat perusahaan asal Tiongkok ini percaya diri menjangkau target pemasukan yang lebih besar.

Pada perhelatan Huawei Global Analyst Summit yang digelar di Shenzhen, 23-25 April 2014, Huawei mengumumkan sejumlah pencapaian dan strategi serta targetnya dalam beberapa tahun ke depan.


Fan Chen, Vice President Accounting Huawei mengumumkan perkiraan pendapatan dari hasil penjualan globalnya mencapai USD 39,5 miliar selama 2013 atau meningkat 11,6% setiap tahunnya.


"Huawei mengalami pertumbuhan efektif sepanjang 2013. Yang kami lakukan adalah fokus pada pipe strategy yang meliputi seperti switch dan router. Huawei juga secara aktif mempromosikan transformasi ICT di pasar enterprise," sebut Fan saat presentasi di salah satu sesi Global Analyst Summit.


Selain itu, Huawei juga melakukan restrukturisasi beberapa proses dengan tujuan memperkecil struktur manajemen dan memastikan peningkatan efesiensi operasional.


Bisnis carrier network diklaim Huawei menampakkan performa yang solid dengan high profit sales revenue CNY 166,5 miliar atau setara USD 26,6 miliar, naik 4% setiap tahunnya. Penjualan dan revenue di bisnis consumer dan enterprise meningkat tajam di 2013 sebesar 32,4% yakni CNY 15,2 miliar (USD 2,4 miliar) dan 17,8% sebesar CNY 57 miliar (USD 9,1 miliar).


"Hingga 2018 nanti, Huawei menargetkan revenue USD 70 miliar. Strategi dan fokus kami berikutnya adalah di LTE yang meliputi BTS, backhaul EPC, VoLTE, smartphone, tablet dan business enablement system serta enterprise network equipment," yakinnya.


Catatan lain, salah satu kunci keberhasilan penjualan Huawei adalah keberanian berinvestasi dalam inovasi. Di tahun 2013 saja, investasi yang telah dilakukan Huawei dalam R&D mencapai CNY 30,7 miliar (USD 4,9 miliar) atau sekitar 12,8% dari pendapatan penjualan.


Fan menambahkan, investasi untuk R&D akan ditingkatkan hingga 14% di tahun ini, dengan fokus investasi untuk SoftCOM, solusi networking yang baru diluncurkannya, 5G, LTE, IP, Cloud, matematika dan algoritma.


(rns/ash)