Microsoft Patenkan Fitur Kinect untuk Smartphone

Jakarta - Penggemar Xbox pasti mengetahui perangkat Kinect yang mengubah cara bermain di konsol berdasarkan sensor gerak. Nah, fitur mirip Kinect ini akan coba diboyong Microsoft ke perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Fitur ala Kinect di ponsel dan tablet bahkan coba langsung dipagari oleh Microsoft dengan mendaftarkan patennya ke kantor berwenang Amerika Serikat.


Dalam bocoran dokumen menyebutkan, Microsoft mendaftarkan paten tersebut dengan nama Paten Bolt. Dideskripsikan bahwa paten Bolt ini dapat mengkalibrasi gerakan dari dua kamera yang ada di depan atas dan di bagian tengah device.


Dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (24/4/2014), dua kamera ini akan berfungsi layaknya sensor gerak seperti Kinect di Xbox,


Sehingga bisa dibayangkan bila nantinya kita terbiasa menggunakan smartphone dengan menyentuhnya langsung, maka dengan paten cukup memanfaatkan semua gerakan di tubuh.


Fitur seperti ini, Microsoft tidak sendiri. Pasalnya Apple diketahui mungkin akan memanfaatkan sensor gerak sebagai fitur untuk menggunakan smartphone atau tablet.


Apalagi diketahui, akhir tahun lalu Apple membeli PrimeSense, perusahaan yang memasok komponen sensor gerak Kinect, dengan mahar akuisisi senilai USD 350 juta hingga USD 360 juta,


Sensor gerak besutan PrimeSense yang digunakan oleh Kinect memungkinkan gamer pengguna Xbox 360 memainkan game dengan hanya mengandalkan gerakan tubuhnya.


(tyo/ash)