3G Masih Jadi Andalan Koneksi Internet

Jakarta - Koneksi internet menggunakan akses jaringan seluler 3G masih menjadi andalan bagi konsumen digital di Indonesia baik ketika berada di jalan, atau bahkan saat sedang di dalam rumah.

Hal itu terungkap dari hasil survei Accenture Digital Consumer 2014 terhadap 1.000 pengguna internet berumur 14 hingga lebih dari 55 tahun di kota-kota besar di Indonesia.


Managing Director Communication, Media Technology Accenture Indonesia Wong Tjin Tak mengungkapkan koneksi berbasis mobile broadband menjadi andalan di Indonesia dimana sekitar 50% reseponden menggunakannya.Selanjutnya, berbasis serat optik (14%) dan Fixed Broadband Internet (27%).


"Teknologi 3G digunakan hampir 72% responden. Sementara high speed mobile internet dari WiFi digunakan 46% responden, dan 7% menggunakan 4G LTE dengan smartphone atau tabletnya," paparnya dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Kamis (9/10/2014).


Menurutnya, perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet memang menjadi andalan pengguna di Indonesia baik untuk menelpon, akses internet, menonton TV berbayar, video on demand, dan mengirim pesan singkat.


Sayangnya, kualitas layanan mobile broadband di Indonesia belum bisa diandalkan terutama kala pengguna berada di area rural, saat peak time, di area padat.


"Hanya 64% pengguna merasa mendapatkan kecepatan yang dijanjikan oleh operator. Kala kecepatan akses melambat, pengguna merasakan pemicu utama adalah operator, berikutnya masalah di browser, situs yang dikunjungi, aplikasi, perangkat, serta sistem operasi," jelasnya.Next


(rou/fyk)