Tak Semua Orang Bisa Jadi Steve Jobs, Tapi..

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, menilai para creativeprenuer harus punya mentalitas seperti mendiang pendiri Apple, Steve Jobs, agar bisa sukses. Namun sayangnya, tak semua orang bisa seperti dia.

"Jawaban kesejahteraan Indonesia ke depan terletak di wirausaha. Bagaimana kembangkan creativeprenuer," kata Mari Elka saat pembukaan acara Indonesia Knowledge Forum III yang diadakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (9/10/2014).


Untuk menciptakan atau mendorong wirausaha kreatif, pemerintah sudah mulai melakukan pembinaan, lewat inkubator hingga pembiayaan bisnis.


Program inkubator bisnis untuk membina pada calon wirausaha potensial, sudah umum dilakukan di negara maju. Alasannya, pengusaha pemula memiliki banyak ide, namun menghadapi kendala di dalam memulai usaha atau menghasilkan produk. Apalagi, masyarakat Indonesia dinilai memiliki potensi menciptakan ide kreatif namun lemah dalam penerapan.


"Di luar ada proses inkubasi. Di sana dibantu, mentoring dan modal. Dibantu terapkan ide jadi bisnis. Memang tidak semua bisa jadi Steve Jobs. Tapi yang penting harus mulai," jelasnya.


Ada sedikit kelemahan di dalam skema pembiayaan untuk pengusaha pemula di Indonesia. Bank masih memandang pengusaha pemula belum layak atau bankable, sehingga kesulitan memperoleh pembiayaan.


Berbeda dengan negara maju, ada skema atau tahap pembiayaan untuk level calon debitur, khususnya yang berasal dari kalangan pengusaha pemula.Next


(feb/rou)