Adu Pintar Asisten Digital, Siapa Juaranya?

Jakarta - Fitur asisten pribadi seperti sudah menjadi hal wajib yang ada di ponsel pintar. Fitur semacam itu sudah tersedia di setiap platform ponsel pintar, seperti Android, iOS dan Windows Phone.

Nah, baru-baru ini Stone Temple, sebuah perusahaan konsultan, mengadakan sebuah penelitian untuk menguji asisten pribadi manakah yang paling pintar.


Caranya adalah dengan memberikan 3000 pertanyaan pada tiap layanan tersebut. Hasilnya ditabulasi untuk melihat layanan mana yang paling banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.



Hasilnya pun sebenarnya sudah bisa ditebak kalau Google Now memuncaki adu pintar itu. Asisten digital buatan raksasa mesin pencari itu unggul dengan persentase yang terbilang besar. Ia berhasil menjawab sekitar 88% pertanyaan yang diajukan.


Posisi kedua ditempati Siri dengan 53%, dan diikuti oleh Cortana di peringkat terbawah dengan keberhasilan mencapai 40%.


Jawaban yang diberikan oleh para asisten pribadi itu pun dicek ulang menggunakan mesin pencari Google dan Bing. Google Now tak cuma bisa menjawab banyak pertanyaan, namun jawaban yang diberikan pun terbilang komprehensif, seperti detikINET kutip dari The Verge, Sabtu (11/10/2014).


Yang menarik adalah, jawaban yang dihasilkan oleh Bing ternyata lebih lengkap dibanding Cortana. Ini artinya Microsoft masih bisa meningkatkan kinerja Cortana dengan memaksimalkan integrasinya dengan Bing.


(rou/rou)