Mengintip Proyek 'Kapal Luar Angkasa' Apple

Jakarta - Apple tengah mengerjakan proyek kantor pusat raksasa yang bentuknya mengingatkan pada kapal luar angkasa. Proyek itu tertutup untuk umum, tapi seorang penggemar Apple berhasil merekamnya di udara dengan drone yang sudah dibekali kamera GoPro.

Sang penggemar rajin melakukan update perkembangan proyek tersebut. Belum lama ini, dia memajang foto terbaru yang diambilnya. Tampak kantor pusat Apple sudah mulai terlihat bentuknya.


Tampak berbagai alat berat digunakan para pekerja untuk membangunnya. Lokasi kantor pusat ini adalah di Cupertino, California.


Arsiteknya Sir Norman Foster asal Inggris. Dikatakannya, kantor pusat Apple akan sangat ramah lingkungan. Mobil karyawan akan diparkir di bawah tanah dan ada ruang untuk menampung sampai seribu sepeda.


Juga akan ada jalur untuk jogging dan bersepeda. Sebanyak 13 ribu karyawan Apple diproyeksi bekerja di sini. Bangunannya banyak dibuat dari material gelas dan dilengkapi panel tenaga surya. Ventilasi pun disusun sedemikian rupa untuk mengurangi pemakaian AC.


Seluruh bangunan diperkirakan baru selesai pada tahun 2016. Anggaran awalnya mencapai USD 2 miliar, tapi belakangan membengkak hingga USD 5 miliar.


Bagian bawah tanah akan memiliki beberapa ruangan. Termasuk auditorium yang akan digunakan CEO Tim Cook untuk briefing karyawan menjelang peluncuran produk baru.


"Anda melihat energi dan cinta dan perhatian pada detail yang kami curahkan untuk kantor ini. Kami menganggap proyek ini seperti produk Apple. Dan tempat ini akan jadi lokasi tim paling kreatif di industri untuk berinovasi dalam dekade dekade mendatang," kata CFO Apple Peter Oppenheimer yang dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (9/10/2014).



(fyk/fyk)