Lisa Menjadi CEO Wanita Pertama AMD

Jakarta - Advanced Micro Devices (AMD), salah satu perusahaan perancang chip besar, menunjuk Lisa Su sebagai presiden dan CEO baru. Terpilihnya Su sekaligus menjadikannya sebagai CEO wanita pertama di AMD. Selama 45 tahun berdiri, perusahaan ini selalu dipimpin oleh pria.

Lisa menggantikan Rory Read yang menjabat CEO AMD sejak bulan Agustus 2011. Su akan segera aktif sebagai CEO sementara Read dikabarkan akan berperan sebagai penasehat hingga akhir 2014.


AMD berada di posisi dua setelah Intel dalam bisnis microprocessor PC. Pun begitu AMD mendominasi beberapa sektor, seperti prosesor untuk game konsol generasi terbaru Playstation 4 dan Xbox One.


Akan tetapi performa bisnis AMD memang kurang baik belakangan ini dan harga sahamnya telah turun sampai 20 persen semenjak pertengahan Agustus. Sejak tahun 2012, AMD sudah coba memotong biaya produksi sebesar 30 persen dan masih memiliki uang kas USD 1 miliar.


"Saya merasa sangat terhormat bisa berkesempatan untuk memimpin AMD selama masa transisi yang penting ini," ujar Su seperti yang dikutip detikINET dari Venture Beat, Kamis (09/10/2014).


"Aset teknologi kelas dunia kami dikombinasi dengan tim AMD yang berbakat dan bersemangat akan memberikan kesempatan unik untuk menentukan masa depan komputasi," tambahnya.


Wanita usia 44 tahun ini memiliki latar belakang yang bagus di sektor pengembangan teknologi mobile. Sebelum bergabung dengan AMD di tahun 2012, Su telah menghabiskan lima tahun bekerja memimpin pengembangan tekonologi di Freescale, perusahaan semikonduktor raksasa di AS dan 13 tahun di IBM.


(fyk/fyk)