HTC Pastikan Kehadiran Nexus 9

Jakarta - HTC akhirnya mengkonfirmasi kebenaran rumor bahwa merekalah yang akan memproduksi tablet Nexus 9 bekerja sama dengan Google. Setidaknya itulah yang tersirat dari ucapan Presiden HTC untuk Asia Utara, Jack Tong.

Seperti yang dilansir oleh Focus Taiwan, Kamis (9/10/2014), Tong mengklaim bahwa Nexus 9 merepresentasikan komitmen perusahaan untuk kembali ke pasar tablet. Memang, HTC terakhir merilis tablet pada tahun 2011, yaitu HTC Flyer.


Nexus 9 pun sebelumnya sudah muncul dalam dokumen FCC, juga foto bocoran yang dilansir oleh akun Twitter @upleaks. Dalam foto tersebut, terlihat bahwa tablet ini akan mempunyai layar dengan aspect ratio 4:3, berbeda dengan tablet Android pada umumnya yang mempunyai layar 16:9.


Dengan bentuk yang lebih 'kotak', Nexus 9 terlihat lebih mirip iPad ketimbang tablet Android lainnya. Bahkan Nexus 9 kabarnya akan diluncurkan pada 16 Oktober mendatang, yang kemungkinan akan berbarengan dengan perilisan iPad anyar oleh Apple.


Mengenai spek, sejumlah pihak menyebutkan bahwa Nexus 9 bakal dibekali prosesor terbaru Nvidia yakni Tegra K1. Meski dibekali Android L, Nexus 9 disebut-sebut tak akan menggunakan versi finalnya melainkan versi build terbaru.


Sumber lain menyebutkan, Nexus 9 akan punya display 8,9 inch QHD, RAM 4GB, kamera belakang 8 MP dan dilengkapi aksesoris keyboard semacam tablet Surface.


(asj/fyk)