Dari Cikarang, Bolt Siap-siap LTE-A 300 Mbps

Jakarta - Meski sudah mengusung teknologi LTE, inovasi Bolt masih terus berlanjut. Layanan 4G non seluler ini sudah memulai pengembangan jaringan LTE-A yang menyodorkan kecepatan dua kali lipat lebih cepat. Menariknya, basis pengembangannya ada di area Cikarang, Bekasi.

Dalam teorinya, kecepatan yang sanggup disodorkan teknologi 4G LTE menembus angka 150 Mbps. Sedangkan versi LTE-A yang merupakan generasi selanjutnya diklaim bakal sanggup memberikan kecepatan koneksi hingga 300 Mbps!


Seperti disampaikan Devid Gubeni, Chief Technology Officer Bolt, perusahaan bernama Internux itu ingin menuju ke arah LTE-A. Bahkan Devid mengatakan pengembangan LTE-Advanced ini sudah dimulai pada akhir Oktober 2014 ini.


Tapi bukan untuk wilayah Jabodetabek yang kini dicakupi teknologi 4G LTE. Implementasi LTE-A ini justru akan dimulai dari wilayah Cikarang, Bekasi. Devid menyebut bila implementasi LTE-A di wilayah tersebut berhasil, baru akan diadaptasi ke Jabodetabek.


"Implementasi LTE-Advanced akan dimulai dari area Cikarang, Bekasi. Bila lancar, diharapkan teknologi LTE-Advanced bisa diimplementasikan ke seluruh jaringan Bolt pada tahun 2017 mendatang. Sehingga pengguna bisa merasakan kecepatan sampai 300 Mbps," kata Devid di TMII, Jakarta.


Selain proses pengembangan yang memang memakan waktu, alasan implementasi teknologi LTE-Advanced diperkirakan baru bisa dilakukan pada tahun 2017 adalah karena masih terbatasnya juga jumlah handset yang mendukung teknologi LTE-Advanced di pasaran.


(rou/rou)