Telkom Angkat Bicara Soal Tukar Guling Menara

Jakarta - Telkom akhirnya buka suara terkait aksi korporasinya yang melibatkan Tower Bersama Infrastructure (TBIG) dalam tukar guling saham dengan anak usahanya Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

"Sektor menara merupakan bisnis yang potensial dengan pertumbuhan tinggi. Telkom ingin mendapatkan manfaat melalui investasi di sektor tersebut dan hal ini dapat diwujudkan melalui kepemilikan yang signifikan di Tower Bersama," ungkap VP Public Relations Telkom Arif Prabowo di Jakarta, Jumat (10/10/2014).


Melalui kerjasama dengan Tower Bersama diharapkan akan terjadi peningkatan tenancy ratio dari menara yang dimiliki Mitratel sehingga akan memberikan manfaat bagi industri menara secara keseluruhan.


Di masa yang akan datang, Telkom bermaksud untuk meningkatkan kepemilikannya di Tower Bersama dengan tetap memastikan bahwa penyedia menara itu adalah operator menara yang independen.


"Kami percaya aksi korporasi ini adalah sebuah tahapan penting untuk mencapai tujuan strategis perusahaan," paparnya.


Diungkapkannya, Keputusan Telkom untuk melakukan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari kajian strategis terhadap pilihan yang ada. Dari hasil kajian tersebut, Telkom menyimpulkan bahwa kerjasama strategis dengan Tower Bersama merupakan pilihan terbaik agar Telkom dapat meningkatkan nilai dan mengambil manfaat dari aset menara yang dimiliki.


Sebelumnya, Telkom mengumumkan mengakuisisi sampai dengan 13.7% kepemilikan di Tower Bersamasetelah peningkatan modal melalui penerbitan saham baru, yang ditukar dengan saham Telkom di Mitratel.Next


(rou/rns)