Coolpad Belum Pede Masuk ke Tanah Air

Jakarta - Dibandingkan Oppo, Lenovo atau bahkan Xiaomi sekalipun, nama Yulong Coolpad mungkin belum banyak diketahui konsumen Indonesia. Padahal, di negaranya, merek ini dinyatakan mampu mengalahkan ketiga vendor yang disebutkan tadi.

Diklaim oleh General Manager of Asia Pasifik Yulong Computer Simon Xie, bahwa perusahaannya saat ini adalah nomor satu di penjualan ponsel 4G dan nomor 3 untuk handset 3G.


Beberapa ponsel Coolpad yang dilihat oleh detikINET pun sebagian besar cukup menarik, dan tentu saja termasuk terjangkau dengan desain dan fitur yang tidak seadanya.


Bukan karena tidak percaya diri, ketika pada akhirnya Coolpad masuk ke Tanah Air melalui cara kerjasama dengan Smartfren. Memang bukan 'desain' Coolpad pada umumnya, karena merupakan hasil permintaan dari Smartfren.


"Ini merupakan langkah awal bagi kami untuk masuk ke Indonesia. Terima kasih bila Anda menyebut smartphone Coolpad bagus, tapi bukan berarti kami tidak percaya diri masuk ke sana," kata Simon, kepada detikINET, di sela kunjungan ke kantor pusatnya, di Shenzen, China.


Seperti halnya China, Indonesia adalah pasar yang besar dengan jumlah penduduk salah satu terbanyak. Sudah 'sewajarnya' pula bila Indonesia menjadi target untuk Coolpad berekspansi.


"Indonesia punya potensi untuk kami melakukan ekspansi ke sana. Penetrasi internet mobile tinggi di sana cepat dengan penduduk yang besar," ujar Executive Vice President Yulong Computer Li Wang.


Lalu kapan Coolpad tak cuma sekedar nebeng dengan Smartfren? "Smartfren operator bagus, ini langkah awal. Mungkin tahun ini atau tahun depan. Semua bisa terjadi," tandas Simon lagi.


(tyo/fyk)