Frustrasi Apple Sering Dijiplak, Jony Ive: Xiaomi Maling!

Jakarta - Jony Ive, sosok yang paling bertanggung jawab atas hampir semua desain produk Apple, mengeluarkan uneg-uneg terkait banyaknya peniru desain produk Apple. Ive menyebut para peniru itu tak ubah seperti maling.

Salah satunya adalah Xiaomi, vendor ponsel asal Tiongkok yang tengah naik daun. Ponsel teranyar Xiaomi --Mi4-- disebut banyak pihak mempunyai desain yang menyerupai iPhone 5.


"Aku tidak menganggapnya sebagai sanjungan. Aku lebih melihatnya seperti pencurian. Menurutku mereka itu maling yang malas, dan aku tidak suka akan hal itu," ujar Ive seperti yang dilansir oleh Business Insider, Jumat (10/10/2014).


Ive juga mengatakan bahwa ia dan timnya frustasi melihat banyak yang meniru produk Apple, karena mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk mendesain produk tersebut.


Kekesalan Ive itu tentu bukan tanpa sebab. Ponsel buatan Xiaomi hanya dijual di Tiongkok dan sejumlah negara lain, namun popularitasnya tetap tinggi.


Bahkan di China, Xiaomi berhasil menjual ponsel lebih banyak daripada Apple. Alasannya jelas, ponsel yang dirilis oleh Xiaomi punya kualitas yang tinggi, namun harganya tak sampai setengah harga iPhone.


(asj/rou)