Siri di iOS 8 Makin Akrab dengan Musik

Jakarta - Fitur perintah suara yang ada di Siri semakin canggih saja. Apple telah membuat sang asisten digital jadi semakin akrab dengan semua jenis musik yang ada di iDevice.

Fitur unggulan Apple tersebut terkenal mampu memanipulasi perpustakaan musik di dalam perangkat iPhone, iPod, dan iPad Anda. Anda pun dapat memainkan musik secara spesifik, seperti album, judul lagu, serta genre hanya dengan perintah suara yang sederhana.


Namun, seiring hadirnya update iOS 8, kemampuan musikalitas dalam diri Siri pun semakin diperluas. Bagi para pengguna yang telah mengunduh musik ke dalam perangkat iOS, Anda kini dapat mengunakan Siri untuk memberikan rating lagu di dalam koleksi musik Anda.


Caranya adalah, ketika Anda sedang mendengarkan lagu, cukup akses Siri melalui tombol home dan katakan 'rate this song four stars', sebagai contoh. Secara otomatis Siri akan memeberikan rating empat bintang pada lagu yang Anda dengarkan. Musik pun akan ter-pause untuk beberapa waktu ketika Anda berinteraksi dengan Siri.


Rating musik berguna untuk mengorganisir perpustakaan musik dan membuat smart playlist. Jika Anda tidak punya banyak musik yang terunduh di dalam ponsel, Siri punya fitur lain yang mungkin bisa berguna. Siri bisa memberitahukan kepada Anda lagu apa yang sedang diputar.


Jika Anda berkata, seperti 'what song is playing?' atau 'name that tune', Siri secara otomatis akan mendengarkan ambient suara di sekitar Anda, dan berkat integrasi dari Shazam, Siri akan memberikan identitas judul lagu dan penyanyinya. Fitur yang sangat berguna bagi pengguna Apple.





(rou/rou)