iPad Air 2 Datang di Saat Penjualan iPad Melempem

Jakarta - Tak seperti iPhone yang mencatatkan rekor penjualan yang mengilap, catatan negatif datang dari penjualan iPad. Di tiga bulan terakhir, iPad tak terjual sesuai harapan.

Menurut Apple, triwulan terakhir, iPad 'cuma' terjual hingga 12,3 juta unit, berbanding 14,1 juta di kuartal yang tahun sebelumnya. Pada akhirnya, iPad pun langsung direspons negatif oleh analis.


"Saya tahu, ada banyak komentar negatif di pasar. Tetapi saya mempunyai sedikit pandangan berbeda mengenai prespektif ini," sergah CEO Apple Tim Cook, seperti yang dilansir dari Apple Insider, Selasa (21/10/2014).


"Kita jangan terlalu melihat dalam ruang 90 hari, akan tetapi lihat ke atas dan lebih luas. Kami menjual 237 juta unit iPad dalam empat tahun. Angka itu dua kali lipat dibandingkan penjualan iPhone di empat tahun pertamanya," Cook menambahkan.


Cook juga tak membantah bahwa penjualan iPad mengalami penurunan. Di 12 bulan terakhir, Apple berhasil menjual 68 juta unit dibandingkan 71 juta di sepanjang 2013. Baginya itu hanya penurunan kecil, dimana jumlahnya hanya 4%.


Apple memang baru saja meluncurkan iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Banyak analis memperkirakan Apple meriilis iPad terbaru di saat pasar tablet sedang lesu.


"Kami tidak melihat bahwa pasar sudah jenuh. Jika Anda melihat enam negara pendapatan utama kami, sebagian belum pernah membeli iPad," tambahnya.


"Ini bukan pasar jenuh. Kami melihatnya di sini sudah empat tahun dan kami tak benar-benar tahu upgrade cycle yang dilakukan konsumen," Cook menandaskan.


(tyo/ash)