Rahasia di Balik Desain Cantik Software Apple

Jakarta - Selain mempunyai desain perangkat yang menarik, Apple juga memberikan sentuhan cantik untuk software besutannya. Mendiang Steve Jobs memang punya peranan penting, tapi ada satu hal lagi rahasia yang jarang diungkap.

Desain software dibuat oleh Apple menggunakan bahasa desain yang disebut Skeumorphism. Ini merupakan istilah prinsip desain yang sering diterapkan pada desain software.


Walaupun istilahnya menggunakan yang membuat lidah 'keseleo', tapi nyatanya Skeumorphism ini sangat dipuja oleh Steve Jobs. Dan sudah lama Apple menggunakan di desain software produk besutannya.


Alhasil, pengguna iOS atau Mac pasti akan akrab dengan notes berwarna kuning yang mirip dengan notes aslinya. Atau iBook yang berwajah seperti rak buku beserta buku yang ditata rapi. Itulah pendekatan menggunakan desain Skeumorphism.



Mengapa Steve Jobs sangat menyukainya? Alasannya sederhana, karena pengguna produknya ingin merasa dekat dengan alat yang digunakan di dunia nyata.


Bagian pertama dari perangkat lunak Apple yang terkena sentuhan skeuomorphism, bisa dibilang, sistem operasi desktop Mac dengan ikon-nya yang tampak seperti folder, disk, dan tong sampah. Mac OS asli juga datang dengan aplikasi kalkulator yang tampak sangat mirip kalkulator kehidupan nyata. Steve Jobs yang merancangnya sendiri.Next


(tyo/ash)