Jokowi Belum Tempati Istana RI di Dunia Maya

Jakarta - Setelah dilantik, Presiden RI Joko Widodo memang langsung menempati Istana Negara. Namun di dunia maya, Jokowi sepertinya masih belum eksis di 'istananya'.

Istana dunia maya yang dimaksud adalah situs www.presidenri.go.id. Situs ini sebelumnya dilaporkan tak bisa diakses, namun setelah hidup kembali, yang tampil mendominasi masih mantan Presiden SBY.


Made Wiryana, dari tim pengelola situs Presiden RI di era SBY menjelaskan, saat ini ia dan timnya sudah tak lagi punya wewenang untuk mengelola situs tersebut. Urusan pengelolaan pun sudah diserahkan ke Sekretaris Kabinet.


Jokowi dan timnya kini dikatakan tengah mencari tim baru sebagai 'pengawal' situs tersebut. Sehingga sembari menunggu pengelola baru, Jokowi masih belum eksis di situs ini.


Bak Istana Negara, situs Presiden RI merupakan fasilitas yang melekat kepada seseorang yang dipercaya memegang jabatan presiden. Jadi ketika SBY purna tugas, situs ini otomatis bakal menjadi istana di dunia maya untuk ditempati Jokowi selaku Presiden RI ke-7.


"Saat ini sedang ada proses untuk menentukan siapa lembaga atau pihak yang selanjutnya bakal mengurus situs tersebut. Jadi sembari menunggu itu, mungkin dimatikan sementara," lanjut dosen Universitas Gunadarma ini.


"Ketika Jokowi resmi dilantik itu merupakan titik akhir tugas kami. Jadi saya sudah tak berwewenang lagi," lanjut Made.


Terlihat, postingan terakhir di situs Presiden RI dilakukan pada Senin (20/10/2014) pukul 14.54 WIB soal upacara pelepasan SBY dan penyambutan Jokowi.


(ash/fyk)