Telekomunikasi Harus Bangkit di Era Jokowi

Jakarta - Dengan resmi dilantiknya Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru ikut menumbuhkan harapan baru.

Termasuk para petinggi operator telekomunikasi dan kalangan akademisi yang ikut berharap kedua sosok ini bisa membangkitkan kembali industri telekomunikasi yang belakangan mulai redup.


Alex Janangkih Sinaga, Direktur Utama Telkomsel, berharap duet kepemimpinan Jokowi-JK bisa merealisasikan janjinya untuk menjadi industri kreatif digital sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi.


"Harapan saya tentunya industri telekomunikasi dan digital company jadi lebih kuat sebagai enabler ekonomi Indonesia," ujarnya saat berbincang dengan detikINET di Jakarta, Selasa (21/10/2014).


Keingingan serupa juga disampaikan oleh Merza Fachys, Direktur Smartfren Telecom. Ia berharap, di bawah era baru kepemimpinan Presiden Jokowi, industri telekomunikasi di Indonesia bisa kembali bangkit.


"Saya berharap industri telekomunukasi sebagai infrastruktur strategis dalam pembangunan negara dan bangsa ini mendapatkan perhatian yang lebih, terutama dalam upaya menjadikannya industri yang sehat seperti masa awal kebangkitannya dua dekade yang lalu," cetusnya.


Sementara Guru Besar STIE ITB Suhono Harso Supangkat meminta kepada Presiden Jokowi agar memberikan perhatian lebih kepada pokok permasalahan di industri teknologi informasi komunikasi (TIK) dari hulu ke hilir.


"Tentu sesuai dengan kampanye beliau pembangunan TIK dengan kuantitas, kualitas jaringan, dan konten yang baik. Selain itu pembangunan ekosistem sehingga e-system bisa terbangun dengan baik untuk pembangunan ekonomi, kepribadian dan kedaulatan nasional. Tantanganya cukup berat," pungkasnya.


(rou/rou)