Apple Mau Buat Kamera Seperti GoPro?

Jakarta - Apple mendaftarkan paten teknologi terkait inovasi wearable camera. Dugaan awal pun mengemuka, Apple bisa jadi sedang mencari cara untuk mengusik kesuksesan GoPro.

Paten yang didaftarkan oleh Apple ini memungkinkan pengguna menaruh semacam action camera lalu mengaturnya dari jauh seperti remote yang ada di GoPro.


Selain itu, diketahui dari berkas file yang masuk ke kantor paten Amerika Serikat, paten yang didaftarkan Apple melibatkan inovasi dengan kemampuan mengambil gambar dan suara di dalam air.


Seperti diketahui, GoPro merupakan penguasa di ranah action cam (kamera aksi). Karena tampilannya yang ringkas dan bisa dipasang di mana saja, sehingga banyak yang menggunakannya untuk aktivitas outdoor.


Sayangnya, belum ada komentar atau rencana yang terungkap dari Apple mengenai paten yang sudah didaftarkan sejak tahun 2012 lalu ini. Demikian yang dilansir Cult of Mac, Rabu (14/1/2015).


Kendati masih menjadi misteri, setidaknya berita ini mampu mengusik GoPro, yang terbukti sahamnya terjungkal sejak penutupan Selasa sore. Saham kamera aksi ini turun 15%.


Beberapa pengamat masih meragukan dan menilai terlalu dini kalau Apple akan mengeluarkan lini kamera aksi. Karena bisa saja, Apple hanya ingin membuat aksesoris atau mengoleksi paten untuk perangkat yang sudah dikembangkannya.


(tyo/ash)