Potret Pengguna Android Indonesia

Jakarta - Android merupakan sistem operasi mobile yang memiliki pengguna paling banyak, tak terkecuali di Indonesia. Namun jika ditelusuri lebih jauh, seperti apa sih kebiasaan pengguna Android Tanah Air?

MoboMarket merilis laporan tentang tren penggunaan smartphone Android di Indonesia. Laporan yang berjudul 'Q4/2014 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research' itu disusun berdasarkan hasil riset MoboMarket terhadap kebiasaan para penggunanya di Indonesia pada kuartal keempat (Q4) tahun 2014.


MoboMarket sendiri adalah toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu, perusahaan internet dan pengembang aplikasi asal Tiongkok. MoboMarket diperkenalkan pada Februari 2014 dan hingga Desember 2014 telah menarik sebanyak 2,88 juta pengguna aktif bulanan (monthly active user) di Indonesia.


Hadir sebagai toko aplikasi alternatif bagi para pengguna Android di Indonesia, MoboMarket telah memiliki 517.000 aplikasi, di mana lebih dari 1.000 di antaranya merupakan aplikasi asal Indonesia. Dari seluruh aplikasi tersebut, MoboMarket mencatat total 265 juta distribusi aplikasi telah dilakukan oleh para penggunanya selama kuartal keempat tahun 2014.


Game Paling Laris


Dalam riset ini, MoboMarket menemukan bahwa game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna, yakni sebanyak 43%. Setelah game, aplikasi favorit yang paling banyak diunduh adalah sosial media (12%) dan aplikasi foto (11%).


Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 16%. Jenis game lain yang disukai oleh pengguna, antara lain game bergenre arcade (16%), balapan atau racing (12%), action (11%), dan game olah raga (7%).


Update Aplikasi: Sosial Media Paling Sering Di-update Next


(ash/ash)