Canggih! Kartu Grafis Bakal Punya Memori 8GB

Jakarta - Samsung dikabarkan tengah memulai produksi massal sebuah kartu grafis memori GDDR5 DRAM 8GB pertama di dalam industri yang menggunakan proses teknologi 20nm.

GDDR5 DRAM 8GB merupakan kartu grafis memori yang dirancang khusus untuk penggunaan kartu grafis pada PC desktop dan komputasi super, yang mungkin ke depannya bisa juga dipakai untuk grafis memori on-board pada perangkat konsol game dan PC notebook.


DRAM grafis ini dapat memberikan jumlah bandwidth secara luas sehingga mampu untuk memproses grafis kualitas tinggi dalam jumlah besar yang berorientasi pada data stream.


Dengan berkembangnya era game 3D dan konten video Ultra HD, Samsung meramalkan era masa depan, dimana permintaan akan performa yang tinggi serta grafis memori dengan bandwidth yang tinggi juga akan meningkat.


"GDDR5 8GB akan menyajikan OEM (Original Equipment Manufacturers) dengan solusi grafis memori terbaik untuk konsol game dan penggunaan umum PC notebook," ujar Joo Sun Choi, Executive Vice President of Memory Sales and Marketing Samsung Electronics, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (16/1/2015).


"Dengan memperluas produksi DRAM berbasis 20nm termasuk GDDR5, kami akan mendapat peningkatan permintaan konsumen secara global dan memimpin akselerasi pertumbuhan dari pasar memori premium," tambahnya.


Hadirnya Samsung GDDR5 DRAM terbaru akan menghantarkan penggunaan bandwidth yang luar biasa yang menggabungkan delapan kali lebih banyak dari chipset 8 GB guna mencapai kepadatan yang sama dengan memori 8 GB yang digunakan pada perangkat konsol terakhir.


(rou/yud)