Intip Keindahan Aurora Lewat Google Street View

Jakarta - Google baru-baru ini menambahkan aurora borealis ke galeri Google Maps-nya. Fenomena yang juga sering disebut dengan 'northern light' itu direkam oleh tim Google Street View dari sebuah danau beku di Finlandia.

Dan berkat Google, kita bisa menikmati fenomena yang terbilang langka itu hanya dengan bantuan komputer, ataupun perangkat lain yang bisa mengakses Google Street View, tanpa harus menghadapi dinginnya udara kutub.


Aurora terbentuk dari partikel elektrik dari matahari memasuki atmosfer bumi. Ketika partikel tersebut berbenturan dengan partikel gas yang ada di bumi --juga dengan pengaruh medan magnet bumi, mereka menghasilkan pancaran sinar, yang disebut dengan aurora.


Karena itulah, aurora juga hanya terjadi di daerah yang berdekatan dengan kutub, dan tentu di daerah yang minim polusi seperti Finlandia. Aurora pun terbagi menjadi dua, Aurora borealis untuk kutub utara, dan aurora australis untuk kutub selatan.


"The Northern Lights adalah salah satu fenomena alam yang paling indah juga mistis, yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang," ujar Laurian Clemence dari Google, seperti dikutip detikINET dari Dailymail, Jumat (16/1/2015).


'The northern lights' ala Google itu bisa dinikmati melalui tautan ini.


(asj/fyk)