Xiaomi: Masa Depan, Rumah Pintar Terkoneksi

Beijing - Era internet of things akan mengubah keseharian. Rumah pintar dengan seluruh perangkat terkoneksi hanya salah satu dari sekian banyak prediksi masa depan di era masa kini.

Di panggung perhelatan Xiaomi yang digelar di National Convention Center, Beijing, China, sang CEO Lei Jun mengatakan dalam tiga hingga sepuluh tahun ke depan, semua perangkat baik di rumah atau di kantor akan terkoneksi ke smartphone si pengguna.


Siap ikut ambil bagian di era internet of things, Xiaomi rupanya cukup ambisius. Lei mengatakan strategi perusahaannya untuk masa yang akan datang adalah membuat smartphone berfungsi sebagai pusat dari semua perangkat terkoneksi.


"Smartphone akan 'bertanggung jawab' menghubungkan semua perangkat dan bertindak sebagai penyimpanan data serta pusat display semua objek yang dikontrolnya," terang Lei Jun.


Xiaomi sendiri sejauh ini memang sudah memperlihatkan indikasi ke arah itu. Perusahaan yang kerap dijuluki Apple dari China ini sudah merilis sejumlah perangkat pintar home appliance yang berkolaborasi menggandeng sejumlah mitra.


Sebut saja air purifier, gelang pintar dan webcam. Dikatakan Lei Jun, Xiaomi akan terus fokus membuat smartphone, tablet serta TV set-up box dengan tetap mengajak mitranya untuk urusan perangkat terkoneksi.


(rns/rou)