Google Ungkap Spiral 2 Si 'Ponsel Jangkrik'

Jakarta - Setelah penantian yang cukup lama, Google akhirnya mengumumkan ponsel pintar modular pertamanya, Spiral 2, di acara Project Ara Developers Conference di Mountain View, California, AS, Rabu waktu setempat.

Walau masih berbentuk prototipe akhir, Spiral 2 bakal jadi 'ponsel jangkrik' Google pertama yang akan segera dijual.


Google memang sangat serius dalam menggarap ponsel rakitan yang dikembangkan melalui Project Ara. Layaknya komputer rakitan pada umumnya, ponsel jenis ini memungkinkan pengguna untuk mengganti sendiri komponen atau modul yang ada di dalamnya. Pengguna bisa memilih RAM, prosesor, memori, hingga kamera.


Spiral 2 memiliki daftar spesifikasi awal resolusi layar 720x1280 pixel, dual aplikasi prosesor termasuk Marvell PXA1928 dan NVIDIA Tegra K1, serta kamera 5 MP on-board. Perangkat ini juga sudah mendukung jaringan 3G dan konektivitas WiFi dan Bluetooth. Namun untuk 4G diperkirakan belum akan hadir hingga kuartal II 2015.


Sayangnya, dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (15/1/2015), Spiral 2 menawarkan kapasitas baterai yang lebih sedikit 20% hingga 30% dari baterai smartphone kebanyakan. Google juga mengatakan jika perangkat tersebut saat ini punya 11 referensi desain modular, termasuk salah satunya yang bisa mendeteksi polusi.


Spiral 2 dipersiapkan untuk rilis pada kuartal II 2015. Karena ini masih berbentuk prototipe, Google belum mengungkap berapa harga yang dibanderol untuk Spiral 2.


Penasaran dengan kehebatan Spiral 2. Simak video berikut ini.


(ash/ash)