Samsung bakal Permak TouchWiz

Jakarta - Rumor yang berkembang menyatakan kalau Samsung akan melakukan perubahan besar-besaran di ponsel flagshipnya yang akan datang, yaitu Galaxy S6. Namun berdasarkan rumor teranyar perubahan itu tak cuma terjadi di segi hardware, melainkan juga software.

Seperti dilansir BusinessKorea, Kamis (15/1/2015), Samsung akan menyederhanakan tampilan TouchWiz dengan menghapus fitur-fitur yang tak berguna. Dan Nexus 6 adalah ponsel yang menginspirasi Samsung untuk melakukan hal ini.


"Kami akan menghilangkan fungsi-fungsi yang tak perlu, dan menyederhanakan tampilan UI kami hingga menyerupai tampilan Google Nexus 6," ujar sumber BusinessKorea.


Namun tentu saja tampilan TouchWiz tak akan 'sepolos' tampilan standar Android seperti yang digunakan di lini ponsel Nexus.


Yang jelas penyederhanaan tampilan itu tentu akan membawa perubahan yang besar dari segi performa. Tak seperti Note 4, yang mempunyai spek sangat gahar namun terkadang tetap mengalami gejala lag saat perpindahan menu.


Pada bulan Januari 2014 lalu, @evleaks mempublikasikan sejumlah screenshot dari tampilan antarmuka 'Iconic UX' yang saat itu diperkirakan akan digunakan di Galaxy S5, namun ternyata tidak. Mungkin tampilan itulah yang nanti akan digunakan di Galaxy S6.


Namun untuk informasi yang lebih pasti, kita harus menunggu sampai Samsung merilis Galaxy S6 secara resmi, yang kemungkinan akan terjadi di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 bulan Maret mendatang.


(asj/ash)