Printer 3D Bisa Bikin Rumah Dari Lumpur

Jakarta - Tiap tahun harga rumah semakin mahal dan terus melonjak. Tak pelak, rumah murah masih jadi idaman setiap orang.

Inilah yang menjadi isu utama di perkotaan yang padat penduduk. Akibatnya, banyak warga yang memilih untuk tinggal di kolong jembatan. Pun begitu, printer 3D yang satu ini mungkin bisa jadi solusi.


Ya, printer 3D WASP ini nyatanya mampu mendirikan sebuah bangunan dengan menggunakan bahan material lumpur. Printer canggih tersebut tak lain merupakan rancangan dari suatu perusahaan yanbg berbasis di Italia, yakni World's Advanced Saving Project (WASP).


WASP yakin jika mesin printer 3D miliknya bisa jadi masa depan pembangunan rumah di beberapa belahan dunia dimana terdapat sumber daya alam tanah melimpah ruah dan terjangkau.


Tujuannya tentu untuk mengurangi biaya dan tenaga kerja yang dikeluarkan serta menggantinya dengan tanah liat, mesin otomatis, dan proses pembuatan digital.


Dikutip detikINET dari Tree Hugger, Jumat (16/1/2015), ide seperti ini sebenarnya sudah dipikirkan sejak lama. Dimana dalam waktu dua tahun terakhir WASP sudah bekerja keras merancang alat tersebut.


Hingga kini, printer dengan tinggi 6 meter itu dikabarkan dapat membuat sebuah bangunan dengan tinggi 3 meter dengan menggunakan campuran lumpur, tanah liat, dan fiber.Next


(asj/asj)