Pemburu BlackBerry: dari Samsung Sampai Facebook

Jakarta - Samsung dikabarkan ingin membeli BlackBerry meskipun kedua belah pihak sudah mengeluarkan bantahan. Bukan kali ini saja BlackBerry digosipkan diminati perusahaan lain meskipun memang belum ada gosip itu yang berujung pada kenyataan.

Memang sesudah melewati masa jayanya, BlackBerry sedang berjuang keras memulihkan performa bisnisnya. Mereka juga masih punya aset berharga, misalnya saja solusi sekuriti mumpuni sampai layanan messaging BlackBerry Messenger (BBM).


Jadi siapa saja yang pernah dikabarkan tertarik mengakuisisi BlackBerry? Berikut beberapa di antaranya seperti dihimpun dari berbagai sumber.


1. Facebook


Tahun 2013, Facebook sempat dikabarkan ingin mengakuisisi BlackBerry. Malah sudah dalam tahap diskusi antar para pejabat tinggi meskipun akhirnya tidak sampai terealisasi.



Facebook memang sering dikabarkan ingin membuat handset sendiri sehingga masuk akal jika mereka mempertimbangkan akuisisi terhadap BlackBerry untuk memuluskan niat tersebut.


Mereka pernah mencoba membuat ponsel bekerja sama dengan HTC. Seperti HTC Cacha ataupun yang terbaru HTC First yang rilis April lalu. Keduanya terintegrasi secara mendalam dengan layanan Facebook. Namun demikian, kedua ponsel tersebut terindikasi kurang diminati pasar.


Nah, BlackBerry disebut-sebut bisa menjadi partner bagus untuk memuluskan ambisi Facebook berjaya di industri ponsel. Sebab, handset BlackBerry dengan ciri khas keyboard fisiknya dipandang sangat cocok untuk mereka yang kecanduan dengan jejaring sosial seperti Facebook.Next


(fyk/ash)