Inikah Cetakan iPad Pro 12 Inch?

Jakarta - Isu seputar iPad yang lebih lebar kembali mencuat. Kali ini isu tersebut dipanaskan dengan beredarnya foto cetakan yang diduga digunakan untuk membuat perangkat terbaru Apple itu.

Foto tersebut diunggah oleh salah seorang pengguna situs microblogging Weibo, dimana dalam foto menampilkan cetakan yang diperkirakan untuk mencetak bagian bodi belakang tablet. Dugaan itu diperkuat dengan ukuran cetakan yang memiliki ukuran 12 hingga 13 inch.


Dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (15/1/2015), foto ini dilaporkan diambil dari pabrik perakitan Apple, Foxconn di Tiongkok. Walaupun gambar di foto tampak blur, namun jika diperhatikan samar-samar akan terlihat logo Apple di tengah dan sebuah lubang kamera di bagian pojok.


Gambar itu juga konsisten dengan bocoran yang beredar di awal bulan ini, dimana dikatakan jika iPad terbaru itu akan memiliki dimensi 305,3x220,8 dengan ketebalan 7 mm dan layar berukuran 12,2 inch.


Tablet ini jelas memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding tablet Apple generasi sekarang, yakni iPad Air yang punya layar 9,7 inch.


Tak cukup sampai di situ, bisa jadi cetakan yang berada di dalam foto ditujukan untuk mencetak layar 12 inch untuk MacBook Air yang dirumorkan tengah dalam pengembangan oleh Apple.


Seorang pakar pernah mengatakan jika MacBook Air 12 inch itu akan lebih langsing dibanding generasi sebelyumnya, tapi tetap dengan desain yang runcing.


Sebelumnya, banyak orang berharap Apple akan memperkenalkan tablet yang ditujukkan untuk segmen bisnis itu pada acara konferensi pers yang digelar pada Oktober 2014 lalu. Pada saat itu beredar rumor jika selain merilis iPad Mini dan iPad Air baru, Apple juga akan merilis iPad Pro. Sayangnya, rumor tersebut salah.


(ash/ash)