Berniaga Tutup Lapak untuk Pengiklan

Jakarta - Situs web iklan Berniaga boleh dikatakan sudah hampir tutup. Pengunjung situs tersebut kini dialihkan ke OLX, situs e-commerce yang dulu bernama TokoBagus. Ya, efektif per tanggal 14 Januari 2014, layanan pasang iklan di Berniaga sudah tidak tersedia.

Bergabungnya layanan Berniaga ke OLX memang sudah dikonfirmasi. Pemilik OLX, Naspers, November lalu mengumumkan kesepakatan kerjasama patungan (join venture) dengan Schibsted, Telenor dan Singapore Press Holding yang merupakan pemegang saham Berniaga. Naspers (OLX) jadi pemilik mayoritas sehingga membuat Berniaga tutup toko.


Saat ini, iklan di Berniaga memang masih bisa diakses. Akan tetapi ketika hendak memasang iklan, pengunjung langsung diminta beralih ke OLX. Dijelaskan juga mengapa Berniaga bergabung ke OLX.


"Hal ini merupakan upaya kami untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang menjual barang second, dengan bergabungnya Berniaga.com dan OLX.co.id, Anda akan mendapatkan calon pembeli yang lebih banyak," tulis keterangan di Berniaga.


Chief Operating Officer (COO) OLX Indonesia, Alif Priyono, beberapa waktu lalu juga mengatakan kalau tujuan dari joint venture ini adalah menjadikan OLX sebagai satu-satunya situs online classified di Indonesia, untuk memberikan manfaat besar bagi konsumen.


"Mereka akan mendapatkan manfaat yang besar karena tersedianya pilihan yang lebih banyak ketika ingin membeli barang dan juga bagi penjual, karena mendapatkan calon pembeli potensial yang jauh lebih besar. Baik penjual maupun pembeli, semuanya berada dalam satu wadah saja, yaitu OLX," tandas Alif.

(fyk/ash)