Cara yang digunakan juga sederhana. Layanan tersebut hanya tinggal memasukkan kata kunci trending topic #facebookdown pada kicauannya. Praktis, ciutannya akan bergabung dengan jutaan orang yang mengicaukan soal tumbangnya Facebook.
Hal itu secara tidak langsung bisa menjadi panggung marketing gratis. Karena setidaknya bakal ada banyak pengguna, yang baik sengaja atau tidak, pasti akan membaca kicauan yang berderet di daftar trending topic #facebookdown.
“#facebookdown Kalau kamu suka Facebook dan juga suka memancing. Lelah menunggu Facebook yang tumbang! ;) Ini ada harapan di www.fishrep.com,” cuit salah satu pengguna Twitter memanfaatkan euforia tumbangnya Facebook.
Salah satu penyedia layanan musik digital Spotify juga tak ingin menyia-nyiakan ajang marketing gratis ini. Dengan memanfaatkan hashtag #facebookdown, Spotify juga mengajak pengguna untuk menggunakan aplikasi miliknya sembari menunggu perbaikan Facebook.
“Spotify tetap bisa digunakan #facebookdown #NowPlaying Deep House,” kicau pemilik akun @ultrarecords, mengajak pengguna untuk mencoba layanan Spotify yang tidak tumbang.
Tapi itu hanya segelintir di antaranya. Seiring bertambah ramainya #facebookdown, semakin banyak pula layanan yang memanfaatkan untuk mempromosikan layanannya. Mulai dari layanan media sosial, aplikasi, hingga situs berita tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini.
(yud/ash)