Serbuan 1 Miliar iDevice

Jakarta - Sejumlah analis di 2012 pernah memprediksi Apple akan sukses mengapalkan 1 miliar perangkat iOS di 2015. Terbukti, angka ini dicapai Apple ketika mengumumkan pendapatan per kuartalnya pekan ini.

Angka 1 miliar itu termasuk iPhone, iPad dan iPod Touch. Pencapaian diumumkan setelah CEO Apple Tim Cook menyampaikan secara resmi pendapatan di kuartal pertama 2015.


Tak lama kemudian, Senior Vice President of Marketing Apple Phil Schiller menegaskan kembali poin yang paling menarik tersebut dengan memposting tweet. "1 Billion iOS devices shipped!!," tulisnya melalui akun @pschiller.


Kuartal ini mungkin adalah masa bersinar Apple. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini mencatat keuntungan bersih USD 18 miliar, lebih tinggi dari yang pernah dicapai perusahaan lain dalam satu kuartal. Ini berkat 74,5 juta iPhone yang laris terjual selama kuartal tersebut. Angka ini naik 46% dibandingkan kuartal sebelumnya.


Pencapaian iDevice hampir sama dengan Android. Merunut ke belakang, pada 2012, firma riset IHS iSuppli dan Gartner memprediksi perangkat Android bisa tembus 1 miliar pada 2013.


Sementara Apple, baru akhir 2014 atau awal 2015 akan menorehkan prestasi serupa. Kala itu, prediksi ini didasarkan pada hitung-hitungan pertumbuhan akun iTunes.


Apple saat itu baru saja mengumumkan 435 juta pengguna iTunes aktif. Apple diperkirakan akan memiliki pertambahan sekitar 12 juta akun iTunes baru setiap bulannya.


Walau bukan angka pasti, tetapi pola pertumbuhan ini mencerminankan pertumbuhan yang sejalan dengan perangkat iOS. Dengan berdasarkan pertumbuhan akun iTunes tersebut, meski jumlahnya buka perkiraan yang sangat tepat, namun diprediksi Apple akan menjual sebanyak 1 miliar perangkat iOS di akhir 2014 atau paling lambat 2015.


(rns/ash)