Jualan Hardisk, Western Digital Raup USD 3,9 Miliar

Jakarta - Bisnis media penyimpanan yang digeber Western Digital (WD) makin kinclong. Apalagi setelah mengakuisisi Hitachi Global Storage Technologies (HGST) , perusahaan asal California, AS itu makin merajalela dalam penjualan hardisk.

Dalam laporan keuangan terbarunya yang diterima detikINET, Minggu (1/2/2015), Western Digital melaporkan pendapatan sebesar USD 3,9 miliar dengan pendapatan bersih sebesar USD 460 juta, atau USD 1,93 per lembar saham.


Sementara pada basis non-GAAP, pendapatan bersih yang tercatat di kuartal fiskal kedua yang berakhir 2 Januari 2015, sebesar USD 539 juta atau USD 2,26 per lembar saham.


“Kami memiliki hasil keuangan yang kuat di kuartal Desember, dengan pendapatan, marjin kotor, dan penghasilan yang lebih baik dari perkiraan,” tutur Steve Milligan, President & CEO Western Digital.


Sementara pada kuartal tahun lalu, pendapatan yang dilaporkan sebesar USD 4,0 miliar, pendapatan bersih sebesar USD 430 juta, atau USD 1,77 per lembar saham. Sedangkan Pendapatan bersih non-GAAP kuartal tahun lalu sebesar USD 532 juta, atau USD 2,19 per lembar saham.


Western Digital menghasilkan USD 243 juta dalam bentuk tunai dari operasional selama kuartal Desember, terlepas dari pembayaran penghargaan arbitrase Seagate sebesar USD 773 juta. Ini mengakhiri kuartal dengan jumlah total kas dan setara kas sebesar USD 4,9 miliar.


Selama kuartal Desember, Western Digital menggunakan USD 309 juta untuk membeli kembali 3,2 juta saham dari common stock. Pada 4 November, Western Digital mengumumkan dividen common stock sebesar USD 0,40, yang telah dibayar pada 15 Januari.


"Sifat diversifikasi bisnis kami dan eksekusi kuat oleh anak perusahaan kami, HGST dan WD, memungkinkan kami untuk secara konsisten memberikan kinerja keuangan yang kuat," masih kata Milligan.


"Saya juga termotivasi oleh respon pasar terhadap inisiatif pertumbuhan strategis kami, yang kami percaya memposisikan perusahaan untuk maju dalam ekosistem penyimpanan data yang berkembang,” pungkasnya.


(rou/rou)