Bill Gates Punya Proyek Rahasia

Jakarta - Bill Gates bisa menghabiskan waktunya mengerjakan apapun yang dia inginkan. Kali ini, pendiri Microsoft itu punya proyek rahasia yang sedang digarapnya, 'Personal Agent'.

Dia memberi bocoran soal ini saat sesi tanya jawab yang digelar situs Reddit. Kala itu, seperti dilansir Tech Radar, Kamis (29/1/2015), Gates ditanya bagaimana teknologi akan berevolusi pada dekade selanjutnya.


"Akan ada lebih banyak perkembangan dalam 30 tahun ke depan. Bahkan dalam 10 masalah berikutnya seperti visi, pemahaman berbicara, dan penerjemahan akan sangat bagus," sebutnya.


Dikatakannya, tugas-tugas mekanis robot yang masih kaku seperti memetik buah atau memindahkan pasien rumah sakit akan bisa diatasi. Ketika komputer atau robot mencapai tingkat kemampuan seperti melihat dan bergerak yang lebih luwes, maka mereka akan digunakan secara luas.


"Salah satu proyek yang saya kerjakan dengan Microsoft adalah Personal Agent yang akan mengingat apapun dan membantu Anda kembali dan menemukannya," kata Gates.


"Ide untuk menemukan sesuatu lalu mengambilnya, dan mereka (asisten virtual) berupaya memberitahukannya, ini akan bekerja di semua perangkat. Agent ini akan menyelesaikannya," lanjut Gates.


Proyek yang cukup ambisius dan sangat menarik jika kita membayangkannya benar-benar terjadi di masa depan. Era asisten virtual di perangkat memang sudah dimulai. Apple dan Google masing-masing punya Siri dan Google Now. Microsoft sendiri punya Cortana. Bukan tidak mungkin ide ini berkembang dan bakal lebih canggih ke depannya.


(rns/ash)