AMD FX8320E, Prosesor Murah Buat Gamer

Jakarta - AMD merilis varian FX 8370E dan FX 8320E. Dari pengujian performanya, kedua prosesor yang harganya masih cukup ramah di kantung ini ternyata sudah mampu memenuhi segala kebutuhan gamer.

Embel-embel huruf E yang disematkan AMD, ternyata sebagai penanda bahwa prosesor ini lebih bersahabat dengan listrik, atau dengan kata lain: lebih efisien. Bila seri FX 8320 TDP-nya mencapai 125W, maka penempatan simbol E membuat TDP prosesor ini turun menjadi 95W.


Ada konsekuensi memang, ketika yang disasar adalah TDP yang lebih rendah. Turbo clock FX 8320E menjadi lebih rendah daripada FX 8320. Namun, tidak terlalu besar selisihnya karena perbandingannya antara 3,2 GHz dan 3,5 GHz. Selebihnya, di antara kedua prosesor itu bisa dikatakan lebih banyak memiliki kemiripan kemampuan.


Seperti apa performa FX8320E ini? Berikut hasil uji dengan memadukannya dengan perangkat sebagai berikut: Motherboard MSI 970 gaming, MSI Radeon R9 280X, RAM 8 GB dual channel, Hard disk 250 GB 7200 rpm, Cooler Xigmatek Dark Knight s1283w nighthawk edition dan Power supply NZXT Hale 700W.



Motherboard MSI 970 Gaming memiliki banyak fitur, selain penampilannya yang keren. Gaming Device Port yang dimilikinya, menjanjikan konektivitas kelas atas untuk perangkat game terutama mouse. Bisa bikin lebih cepat dan smooth.


Bagi mereka yang suka main game dengan konektivitas kabel seperti di warnet, motherboard ini bisa memberikan kecepatan lebih. Rahasianya ada pada soket Ethernet yang diberi label Killer E2200. Mampu menganalisis dan memisah lalu lintas data dengan baik terutama game dan bisa mengurangi lag yang bikin sebal. Next


(rou/rou)