Microsoft Dukung Cyanogen Singkirkan Google

Jakarta - Rencana Cyanogen yang berambisi untuk melepaskan Google dari Android, dicium gelagatnya oleh Microsoft. Mungkin Microsoft beranggapan ini cara untuk mengecilkan dominasi Google.

Menurut rumor yang beredar, Microsoft tertarik untuk menanamkan investasi di Cynanogen. Bahkan disebutkan perusahaan berbasis di Redmond, Amerika Serikat itu, akan menggelontorkan uang sekitar USD 70 juta atau setara Rp 886 miliar.


Terlihat besar, namun kenyataanya uang tersebut bukan satu-satunya yang bakal didapatkan oleh Cyanogen. Dan Microsoft masih termasuk minoritas bila dibandingkan perusahaan lain yang berinvestasi. Demikian yang dilansir Ubergizmo, Jumat (30/1/2015).


Penggila Android pasti tak asing dengan Cyanogen. Ya, perusahaan yang satu ini memang dikenal lewat OS CyanogenMod besutannya yang diklaim lebih ringan dari Android sendiri.


Karena Android terlalu bergantung dengan Google, Cyanogen disebut ingin mengeyahkan Google dari Android.


Cyanogen menganggap meski Android digratiskan namun terlalu terikat kencang oleh Google. Yang mana hal itu akhirnya membatasi developer untuk berkreasi lebih jauh lagi.


Belum ada komentar dari Cyanogen dan Microsoft terkait isu yang mulai menggelembung ke permukaan ini.


(tyo/yud)