Tren Kejahatan Cyber di 2015

Jakarta - Kejahatan cyber atau dunia maya dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Akibat yang ditimbulkan tentu meresahkan. Mulai dari kerugian waktu, hilangnya peluang bisnis sampai tercemarnya reputasi atau nama baik.

Technical Consultant perusahaan keamanan PT Prosperita - ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengingatkan bahwa potensi serangan di dunia maya akan terus meningkat sejalan dengan kecanggihan teknologi.


"Serangan terhadap perangkat rumah tangga berteknologi digital baru akan menjadi target secara luas dan masif dalam beberapa tahun lagi. Sementara di 2015 diprediksi skalanya masih rendah dan belum bisa ditujukan untuk motif ekonomi," ujarnya.


Melalui keterangannya, Sabtu (31/1/2015), berikut adalah beberapa poin penting yang diperkirakan ESET akan menjadi tren keamanan komputer di tahun 2015


1. Serangan dengan fokus target tertentu


Secara internasional dikenal sebagai Advanced Persistent Threats (APT). Apa perbedaan utama APT dengan serangan konvensional? Sebagian besar serangan APT memilih target serangan secara spesifik.


Sedangkan serangan konvensional, menyerang secara acak dengan target komputer pelaku bisnis atau perusahaan yang lengah sistem keamanannya atau terbuka untuk diserang. Next


(rns/rns)