Virtual Reality Hibur Penumpang Pesawat

Jakarta - Saat iPad baru naik daun, sejumlah maskapai penerbangan ada yang menawarkannya sebagai bagian dari sistem hiburan dalam pesawat untuk penumpang. Sekarang, gadget virtual reality mungkin menjadi tawaran yang lebih menarik.

Qantas, maskapai penerbangan asal Australia, akan menyediakan headset virtual reality milik Samsung Gear VR dan Galaxy Note 4 sebagai hiburan selama penerbangan bagi penumpang kelas bisnis.


Seperti dilansir Engadget, Sabtu (31/1/2015), Galaxy Note 4 untuk para penumpang ini memuat aplikasi khusus yang memperlihatkan pemandangan 360 derajat lounge Qantas kelas satu, boat ride virtual reality dan hiburan lain.


Sayangnya, unit Galaxy Gear VR yang disediakan terbatas. Selain itu, tidak semua penumpang bisa menikmatinya. Hanya penumpang kelas bisnis Airbus A380 dari Los Angeles ke Sydney dan Melbourne menuju Los Angeles saja yang bisa meminjam gadget ini.


Galaxy Gear VR yang dipamerkan pada ajang IFA 2014 di Berlin, dijual dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 2,3 juta. Tentunya itu belum termasuk dengan harga Galaxy Note 4, perangkat yang wajib digunakan agar Gear VR itu bisa dinikmati.


Headset virtual reality iin mirip dengan yang ditawarkan Google lewat proyek Cardboard. Bedanya, Cardboard dijual dengan harga yang sangat murah -- bahkan bisa dibuat sendiri, dan kompatibel dengan banyak perangkat. Sementara Galaxy VR hanya kompatibel dengan Galaxy Note 4.


(rns/rns)