Prototipe Lensa Leica Ini Harganya Rp 2,7 Miliar!

Jakarta - Sebuah lensa prototipe untuk kamera Leica ber-mounting R dijual di eBay dengan harga USD 230 ribu atau sekitar Rp 2,7 miliar (USD 1 = Rp 12.000). Lensa tersebut adalah Leica R 600mm f/5 Apo-Telyt, yang dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Apo-Telyt line.

Penjualnya adalah sebuah perusahaan asal Austria yang bernama Photo Arsenal Worldwide. Dan mereka mengkonfirmasi bahwa ini adalah satu-satunya prototipe karena lensa ini tak pernah masuk ke lini produksi massal.


Lensa bernomor seri 172-0001 ini pada tahun 2013 laku terjual seharga USD 70 ribu dalam sebuah lelang di sebuah balai lelang kamera bernama Stan Tamarkin Rare Camera Auctions, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Jumat (30/1/2015).


"Lensa ini sangatlah langka, sampai-sampai tak pernah muncul dalam literatur atau dokumen manapun di internet," tulis si pelelang dalam keterangannya. Ia juga menyebut bahwa lensa seberat lebih dari 5 kg ini dijual dalam kondisi 'pristine' alias sangat mulus.


Namun ternyata lensa ini bukanlah lensa termahal di dunia. Apo-Telyt line pernah membuat lensa Leica lain yang harganya jauh lebih mahal, yaitu Leica 1600mm f/5,6 yang terjual ke seorang pangeran asal Qatar bernama Saud bin Muhammed Al Thani dengan harga lebih dari USD 2 juta.


Tak cuma itu, Al Thani pun sampai membeli sebuah mobil penggerak empat roda khusus untuk membawa lensa itu dari satu tempat ke tempat lain.


(asj/ash)