Mau Sukses di e-Gov, Indonesia Dekati Tiga Negara Ini

Jakarta - Untuk menyukseskan pemerintahan, Presiden Jokowi telah membuat program untuk mengadopsi e-Government. Program itu pun dijajaki dengan cara belajar dari negara-negara yang memang sudah sukses menjalankan pemerintahan lewat akses elektronik.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Yuddy Chrisnandi mengatakan, Indonesia sudah punya kerja sama dengan Korea Selatan untuk mempelajari e-Government.‎ Namun sayangnya ia tak menyebutkan sudah dimulai sejak kapan.


"Selain dengan Korea Selatan, kami juga sedang menjajaki perjanjian belajar dengan Singapura dan Australia. Ketiga negara ini yang terbesar untuk urusan e-Government," ujarnya usai breakfast meeting bersama Menkominfo Rudiantara di kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (30/1/2015).


Secara singkat dijelaskan, tujuan dari kerja sama pembelajaran ini diharapkan bisa membuat kebijakan pemerintahan Jokowi ‎bisa diterapkan mulai dari pusat hingga ke daerah secara terstruktur melalui online.


"Harapannya di tahun kelima pemerintahan, sudah terintegrasi semua kementerian dan lembaga sampai ke kabupaten tingkat kota. 90% terintegrasi," pungkasnya.


(rou/ash)