Penyesalan Bill Gates: Tidak Belajar Bahasa Arab!

Jakarta - Sekilas, kehidupan super kaya Bill Gates terlihat sempurna. Namun di balik itu, ternyata ada penyesalan yang sampai saat ini kerap menggelayut di kepala pendiri raksasa teknologi Microsoft tersebut.

Penyesalan terbesar Bill Gates ini terungkap saat ia muncul di acara forum online Reddit, AMA. Ini merupakan semacam acara tanya jawab dengan komunitas internet dunia, dan pertanyaan yang diajukan pun beragam.


Sampai akhirnya ada yang bertanya kepada Gates tersebut mengenai penyesalan terbesar dalam hidupnya sejauh ini. Jawaban yang dilontarkan Gates ternyata di luar dugaan.


"Saya merasa cukup bodoh karena tidak mempelajari beragam bahasa asing," kata Gates, seperti dilansir Business Insider dan dikutip detikINET, Kamis (29/1/2015).


"Saya mengambil pelajaran bahasa Latin dan Yunani di SLTA, dan mendapat nilai A. Saya pikir itu sangat membantu kekayaan kosakata saya, tetapi sebenarnya saya berharap juga dapat mengenal bahasa Prancis, Arab atau Mandarin. Saya ingin sekali untuk dapat belajar salah satu dari bahasa ini, mungkin saja bahasa Prancis karena ini jadi yang paling mudah," papar suami dari Mellinda Gates ini.


Gates yang kini telah vakum dari Microsoft saat ini memang tengah disibukkan dengan aktivitas kemanusiaan di Bill & Mellinda Gates Foundation.


Di sela-sela kesibukannya, Gates sejatinya juga coba belajar bahasa asing menggunakan Duolinggo -- semacam aplikasi penerjemah berbagai bahasa -- tapi ternyata tak cukup berhasil.


Tokoh IT dunia lain yang belakangan mampu tampil greget di hadapan publik dengan kemampuan bahasanya adalah CEO Facebook Mark Zuckerberg.


Dalam sebuah acara di sebuah kampus di China pada Oktober 2014, Zuck mampu membuat banyak orang terkagum-kagum lewat kemampuan bahasa Mandarinnya yang sangat fasih.


(ash/fyk)