Ikat Pinggang Pintar, Cocok Buat yang Hobi Makan

Las Vegas - Apa yang terjadi jika seseorang terlalu banyak mengonsumi makanan? Tentu ia akan mengendurkan ikat pinggangnya agar tidak merasa kesempitan. Tapi, dengan sabuk pintar ini kita tak perlu repot-repot lagi.

Gelaran Consumer Electronics Show 2015 yang setiap tahunnya digelar di Las Vegas, AS selalu menghadirkan beragam perangkat inovatif dan unik. Nah, salah satu yang ramai kali ini adalah sebuah ikat pinggang pintar bernama Belty.


Ikat pinggang buatan Emiota, startup asal Prancis ini secara otomatis bisa mengencangkan sekaligus mengendurkan ikatannya tergantung dari kebutuhan dan kenyamanan si pengguna. Bila si pengguna duduk maka ia otomatis akan menngendurkan ikatannya, namun bila si pengguna berdiri maka ikat pinggang itu akan mengencang dengan sendirinya.



Belty juga dapat berfungsi sebagai alat monitoring kesehatan (health track) yang akan memberi peringatan ketika pengguna terlalu lama duduk. Dilengkapi dengan sensor kecil, akselerator, dan giroskop, Belty tahu seberapa banyak pengguna telah bergerak atau apakah pengguna harus lebih aktif lagi.


Ikat pinggang ini juga tersambung dengan aplikasi yang menampilkan chart data yang dikumpulkan dari penggunaan sehari-hari. Belty akan memberikan saran bagaimana ikat pinggang dapat disesuikan pemakaiannya. Di dalam perangkat tersebut terdapat motor yang berfungsi mengendurkan serta mengencangkan ikatan di pinggang.


Sayangnya, seperti detikINET kutip dari Mashable, Senin (5/1/2015), belum ada keterangan resmi dari Emiota mengenai banderol harga Belty.


(rou/rou)