Tegra X1, Prosesor Anyar nan Gahar dari Nvidia

Jakarta - Gelaran CES 2015 digunakan Nvidia untuk merilis prosesor mobile terbarunya, Tegra X1. Prosesor ini mempunyai GPU 256 inti dengan octa core CPU 64 bit, dengan performa dua kali lipat lebih tinggi dibanding pendahulunya, Tegra K1.

Dengan spek seperti itu, CEO Nvidia Jen-Hsun Huang mengklaim bahwa Tegra X1 adalah superchip mobile pertama di dunia. Chipset ini dibuat dengan arsitektur Maxwell, yang dikatakan merupakan kombinasi dari kecepatan dan efisiensi.


Maxwell adalah arsitektur yang juga digunakan dalam GPU PC papan atas GTX 980. Penggunaan arsitektur yang sama ini seharusnya akan mempermudah proses porting dari game PC ke game mobile.


Disitat detikINET dari The Verge, Senin (5/1/2015), Tegra X1 bisa menangani video 4K dengan refresh rate 60 Hz, dan chip mobile pertama yang mampu menghasilkan kekuatan komputasi di atas 1 teraflop.


Sekadar informasi, komputer pertama yang mampu melewati tingkat komputasi 1 teraflop pertama muncul pada tahun 2000. Komputer super itu membutuhkan listrik setidaknya 1 juta watt untuk bisa beroperasi.


Dalam waktu dekat, Tegra X1 akan digunakan menjadi otak dari Drive CX digital cockpit computer. Yaitu sebuah sistem yang akan menjalankan serangkaian layar di dalam mobil yang bisa menampilkan kecepatan, temperatur, dan juga hiburan.


Dengan begitu, ke depannya kemungkinan Tegra X1 bisa saja digunakan dalam perangkat berbasis Android Auto atapun Car Play milik Apple.


(asj/fyk)