Apple Watch Bakal Rajai Pasar Smartwatch

Jakarta - Apple Watch memang belum secara resmi dilempar ke pasaran. Meski demikian, prediksi sejumlah analis sudah yakin menyebut jam tangan pintar besutan Apple tersebut akan mendominasi pasar smartwatch dunia.

Lebih jauh lagi, prediksi tersebut bahkan menyebutkan Apple Watch bakal mengusai setengah pangsa pasar dengan total pengapalan diperkirakan mencapai 15,4 juta unit.


Prediksi tersebut dikeluarkan lembaga riset Strategy Analytics dalam laporan analisis penjualan dan pangsa pasar 2015. Lembaga tersebut memperkirakan pangsa pasar smartwatch besutan Apple bisa mencapai lebih dari 54,8% selama 2015.


Strategy Analytics turut memperkirakan pertumbuhan pasar smartwatch di 2015. Dari 4,6 juta unit yang terjual tahun lalu, menjadi 28,1 juta unit di tahun sekarang. Lagi-lagi, Apple Watch yang disebut-sebut memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan tersebut.


Seperti detikINET kutip dari 9to5mac, Minggu (8/3/2015), analisa yang dikemukakan Strategy Analytics tampaknya lebih realistis dibandingkan beberapa prediksi yang dirilis lembaga lain sebelumnya.


Survei Credit Suisse misalnya, memperkirakan penjualan jam tangan pintar Apple mencapai 35 juta dalam tahun pertamanya. Perhitungan tersebut berdasarkan pada minat pengguna iPhone. Mereka juga memperkirakan sebanyak 20 juta unit akan dikapalkan.



Lain lagi dengan Morgan Stanley. Berdasarkan performa penjualan iPad di tahun pertama, lembaga riset ini mempunya perkiraan lebih tinggi. Menurutnya, sebanyak 30 juta unit smartwatch akan dikapalkan sepanjang 2015.


Sementara itu, lembaga riset lain Gene Muster of Piper Jaffray, memprediksi ada sekitar 10 ribu unit Apple Watch versi emas 18 karat yang akan terjual tahun ini.


Kira-kira, manakah dari sekian banyak prediksi tersebut yang paling mendekati faktanya? Lihat saja nanti. (rns/rns)