Selfie Pertama di Luar Angkasa Laku Rp 110 Juta

Jakarta - Siapa astronot pertama yang pernah selfie di luar angkasa? Tak lain dan tak bukan, Edwin Eugene 'Buzz' Aldrin, sang penakluk bulan. Dan foto hasil selfienya itu baru-baru ini laku seharga USD 9.200 atau sekitar Rp 110 juta lebih dalam sebuah lelang.

Harga foto tersebut sejatinya hanya dibuka di angka USD 920, namun ternyata bisa laku dengan harga sepuluh kali lipat lebih mahal. Lelang itu sendiri dilakukan oleh rumah lelang Dreweatts & Bloomsbury di London. Demikian seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (4/3/2015).


Foto itu sendiri merupakan bagian dari koleksi barang-barang kuno yang berkaitan dengan luar angkasa milik NASA. Dan semua barang-barang itu dilelang pada hari yang sama, termasuk foto pertama di luar angkasa.


Ada juga sebuah kamera yang laku terjual seharga USD 2.150. Kamera tersebut terpasang di sebuah roket dan mengambil foto pertama di luar angkasa pada tahun 1946. Tapi harganya masih jauh di bawah foto selfie milik Buzz -- nickname dari Edwin Aldrin.


Aldrin yang saat ini berumur 84 tahun, menjadi astronot kedua setelah Neil Armstrong yang menginjakkan kakinya di permukaan bulan.


Tahun 2014 lalu, Bertepatan dengan perayaan 45 tahun pendaratan manusia ke bulan, Aldrin memposting di Twitter foto dirinya kala sedang selfie di angkasa. Foto tersebut diambil pada tahun 1966, tiga tahun sebelum Aldrin dan rekan-rekannya mencapai bulan.


Di Twitter, Aldrin menulis, "Tahukah Anda bahwa saya mengambil foto selfie pertama di luar angkasa saat misi Gemini 12 tahun 1966?" Kicauan Aldrin diakhiri kalimat "BEST SELFIE EVER".


Dalam foto, terlihat Aldrin menjepret diri sendiri di angkasa dengan latar belakang planet bumi saat menjalankan misi Gemini 12 pada November 1966. Kala itu, Aldrin diminta memotret sinar ultaviolet dari bintang dengan kamera yang ada di kendaraan angkasanya.


(asj/rou)