Wuzzz.. Kecepatan Koneksi 5G Tembus 7,5 Gbps!

Barcelona - Dunia diprediksi akan masuk era konektivitas 4G yang jumlah penggunanya diperkirakan segera tembus 1 miliar. Tapi beberapa perusahaan dan negara sudah berancang-ancang menyambut era 5G, contohnya Korea Selatan.

Operator besar di negara itu, SK Telecom, unjuk gigi di ajang Mobile World Congress 2015 yang tengah berlangsung di Barcelona. Salah satu yang mereka tunjukkan adalah teknologi download 5G yang tembus kecepatan 7,5 Gbps!


Dalam demonya, kecepatan super ngebut itu dipakai untuk streaming konten Ultra HD. Dan terlihat tayangannya di televisi sungguh jernih dan tidak patah-patah.


Haesung Park selaku Manager 5G technology Lab SK Telecom menyatakan saat ini memang konektivitas super ngebut itu masih dalam tahap prototipe untuk menunjukkan potensinya. Tapi bukan mustahil beberapa tahun mendatang akan benar-benar diimplementasikan.


SK Telecom sendiri berambisi untuk menjadi operator pertama di dunia yang mengkomersialkan teknologi 5G. Saat ini, mereka sibuk melakukan berbagai uji coba untuk mengembangkan jaringan 5G.


SK Telecom telah memiliki semacam 5G Forum, sebuah kemitraan antara perusahaan dengan akademisi yang melibatkan Kementerian Teknologi Korsel, untuk bekerja sama mengembangkan potensi 5G.


Mereka juga bekerja sama dengan penyedia infrastruktur telekomunikasi untuk menyambut 5G. Ericsson misalnya, menjadi mitra penting SK Telecom. Pertengahan tahun lalu, SK Telecom dan Ericsson sepakat berkolaborasi mengembangkan teknologi yang berpotensi menjadi standar 5G.Next


(fyk/rou)