Telkom Kawinkan Pariwisata dan Teknologi

Jakarta - Telkom mengawinkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan sektor pariwisata. Tujuannya tak lain agar tempat-tempat wisata di Indonesia bisa lebih dikenal dunia melalui internet.

Untuk mendorong sektor yang sekarang dipimpin Arief Yahya, Menteri Pariwisata yang sebelumnya juga mantan Direktur Utama Telkom, BUMN telekomunikasi ini menggandeng Pacific Asia Travel Association (PATA).


“Salah satu cara PATA Indonesia Chapter untuk meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata yang terintegrasi melalui penerapan sistem manajemen destinasi online," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Kamis (5/3/2015).


Dalam kerja sama ini, Telkom mendukung PATA Indonesia Chapter memberikan solusi ekosistem pariwisata yang terintegrasi seperti yang sudah direalisasikan untuk web commerce dan e-ticketing.


"Ini menjadi salah satu bentuk dukungan Telkom untuk mendukung program pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 nanti,” lanjut Awaluddin saat melakukan penandatanganan kerja sama.


Keduanya juga mengembangkan sebuah platform digital tourism hub yang nantinya akan mengintegrasikan seluruh ekosistem stakeholder kepariwisataan Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur ICT. Ekosistem itu mencakup objek wisata, hotel, travel agent, airlines dan lainnya.


Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Pointers selaku anak usaha Telkom dengan Indowisata. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Garuda Indonesia, Jababeka dan Pelni selaku partner dari PATA Indonesia Chapter.


(rou/rou)