Mengapa Kamera Kurang Fokus?

Jakarta - Saya menggunakan Kamera Nikon d5100, saya pake tamron 17-50 mm f 2,8, tapi kenapa ya kok kurang fokus gitu, kebetulan biasa di pakai buat wedding. Mohon sarannya. (Arthur)

Jawaban:


Autofocus lensa Tamron 17-50mm memang terkenal kurang cepat dan kurang akurat, karena kualitas motor fokusnya tidak seperti lensa Canon USM (ultra sonic motor). Selain itu, lensa buatan pihak ketiga kadang-kadang akurasi autofokusnya kurang baik.


Saran saya, gunakan bukaan yang agak kecil (misalnya f/5.6-f/8) supaya kalau autofokusnya jika tidak akurat subjek foto yang penting masih tajam. Kalau pencahayaan kurang, coba gunakan lampu kilat.


Kalau masih gagal, coba dikalibrasi autofokus kamera dan lensanya oleh teknisi Tamron supaya autofokusnya lebih akurat. Solusi terakhir yang bisa saya sarankan untuk keadaan mendesak adalah mengunakan manual fokus dan live view, tapi tentunya teknik ini tidak begitu bagus untuk foto liputan yang berjalan dengan cepat.


(jsn/rns)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.